+6282245114689

Senin - Minggu 24 Jam

Pura Besakih Sebagai Salah Satu Icon Wisata di Bali

  ,  by admin artikel,  blog

Wisata di Bali sudah sangat terkenal hingga ke seluruh dunia mulai sekitar tahun 1980. Tidaksalah jika perekonomian bali sekitar 80 persen ditunjang sektor pariwisata. Bali menjadi salah destinasi utama pariwisata di Indonesia karena keindahan alamnya yaitu pantai, yang paling terkenal adalah Pantai Kuta. Sebenarnya Bali juga terkenal dengan sejarah, budaya, dan seni yang tidak kalah menarik.

Salah satu icon wisata yang cukup terkenal selain pantai adalah Pura Besakih. Pura Besakih adalah salah satu Pura terbesar di Indonesia, dan merupakan yang paling besar di Bali. Oleh karena kebesarannya itu Pura ini juga disebut dengan Pura Agung Besakih. Pura ini terletak di lokasi yang mempunyai nama sesuai dengan Pura itu sendiri, yaitu di Desa Besakih.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Pura Besakih sangat layak dan wajib dikunjungi bagi para wisatawan. 

1.             Kemegahan arsitektur Bali

Pura ini dibangun dengan cukup megah, bahkan mungkin bisa dibilang sangat megah terutama pada masanya dulu. Disini pengunjung akan melihat 18 Pura, dimana 1 Pura adalah pusat dari semua Pura dan disebut dengan Pura Penataran Agung Besakih. Sementara 17 pura yang lainnya adalah merupakan Pura pendamping dari Pura Penataran Agung Besakih. Pura ini dibangun dengan banyak sekali anak tangga, untuk masuk ke Pura Penataran Agung Besakih yang merupakan Pura utama pengunjung akan disuguhkan kemegahan pintu gerbangnya yang sangat besar.

2.             Pemandangan dan suasana yang sejuk

Disini wisatawan akan merasakan udara yang sejuk karena Pura ini dekat dengan Gunung Agung, yaitu Gunung yang tertinggi di pulau Bali dan dianggap sebagai Gunung yang Sakral. Disini wisatawan akan merasakan suasa yang tenang karena tempat ini sampai saat ini masih menjadi pusat peribadahan agama Hindu di Bali.

3.             Kaya akan nilai budaya dan filosofi

Disini wisatawan akan sering menjumpai orang orang dengan pakaian serba putih atau pakaian keagamaan tertentu. Sering pula wisatawan akan melihat beberapa orang lalu lalang dengan arak arakan kecil membawa sebuah sesaji. Pura ini dibangun menurut filosofi yang berkaitan erat dengan Gunung Agung. Gunung Agung dipercaya sebagai tempat istirahatnya roh dari leluhur dan juga para Dewa dari Hyang Widhi yang merupakan penyebar dan juga pengajar ajaran Hindu Dharma kepada masyarakat Bali.  Oleh karena itu dibangunlah bangunan Suci yaitu Pura ini untuk memuja para Dewa tepat di dekat kaki Gunung Agung. Dan tentunya masih banyak lagi nilai budaya dan filosofi yang akan ditemukan jika berkunjung ke Pura ini.

4.             Biaya dan lokasi yang mudah dijangkau

Biaya masuk Pura ini sangat murah yaitu cukup 15.000 Rupiah per orang dan biaya parkir untuk kendaraan mulai 2.000 Rupiah untuk motor dan 3.000 Rupiah untk mobil. Pura tidak terlalu jauh dari kota Denpasar karena dapat ditempuh dengan kendaraan seperti mobil ataupun sepeda motor dalam waktu kurang lebih dua jam. Disediakan pula rute bypass sehingga dapat mempermudah akses menuju kesini.

5.             Dekat dengan kompleks wisata lainnya

Setelah puas berkunjung ke Pura ini pengunjung juga dapat mengunjungi tempat lain yang berdekatan. Beberapa tempat wisata menarik lainnya di dekat Pura ini adalah; Taman Air tirta Gangga, Desa Penglipuran, dan Pura Tirta Empul. Ada juga wisata pantai terdekat yaitu Pantai Amed. Bagi pecinta keindahan bawah laut dapat juga mencoba Dive Spot Desa Tulamben.

Tadi adalah beberapa ulasan mengenai Wisata di Bali Pura Besakih, jika mengunjungi tempat ini sangat penting untuk mematuhi aturan yang ada, dan selamat berkunjung.


About Us

Kami menawarkan paket wisata dan sewa mobil dengan harga terjangkau dan relatif murah untuk membantu memperlancar liburan anda. Jika diperlukan, kami siap membantu pula merekomendasikan tempat penginapan sesuai dengan budget Anda.

Hubungi Kami

Alamat Kantor

Head Office: Jl.Taman Griya Badung - Bali , Indonesia

Top