+6282245114689

Senin - Minggu 24 Jam

7 Makanan Khas Bali ini Bakal Membuat Kamu Susah Move On

  ,  by admin,  blog

Segala hal yang ada di Pulau Bali memang sangat berkesan mulai dari tempat wisata hingga ke makanan khasnya. Makanan khas Bali sangat berbeda dengan makanan khas Jawa yang cenderung manis. Makanan khas Bali lebih berani dalam menggunakan bumbu rempah sehingga kebanyakan makanan Bali bercita rasa pedas.

Sudah menjadi aturan tidak tertulis kalau kamu datang berkunjung ke suatu daerah, kamu harus mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Begitu juga kalau kamu liburan ke Bali. Kamu harus mencicipi makanan khas Pulau Dewata. Berikut ini beberapa macam makanan khas Bali yang dijamin bakal membuat kamu susah move on dari Pulau Dewata.

Sate Lilit

Sate dari daerah lain umumnya berupa daging yang ditusukkan ke lidi. Sate lilit berbeda karena alih-alih ditusukkan, daging dililitkan di tangkainya. Selain itu sate lilit tidak menggunakan lidi, tapi menggunakan batang serai untuk tempat melilit daging. Ada juga yang menggunakan tangkai bambu sebagai pengganti serai. Sebelum dililitkan, daging dicincang sampai halus lalu diberi bumbu khas Bali. Selain rasa bumbunya yang lezat, aroma batang serai membuat sate lilit terasa makin istimewa yang bakal membuat kamu nagih terus ingin menyantapnya. Cobalah sate lilit yang terbuat dari ikan tenggiri karena rasanya lebih gurih dari sate lilit daging ayam atau babi.

Ayam Betutu

Tidak klop rasanya pergi wisata Bali tapi tidak mencicipi ayam betutu. Nama ayam betutu sudah terkenal ke seantero Indonesia, jadi kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya. Ayam yang digunakan untuk masakan ini biasanya ayam kampung karena rasanya yang lebih gurih dari ayam negeri. Cara membuatnya bumbu dilumuri ke seluruh badan ayam dan juga dimasukkan ke dalam badan ayam yang sudah dibuang jeroannya. Setelah itu ayam dibungkus dengan daun pisang dan dipanaskan di atas bara api sekam kurang lebih seharian penuh supaya bumbu teresap sempurna ke dalam daging. Rasanya yang pedas pedas gurih dijamin bakal membuat kamu tidak sadar sudah menghabiskan nasi banyak. Selain ayam, ada juga bebek betutu.

Babi Guling

Dari namanya sudah jelas bahwa makanan ini non halal. Kalau kamu bukan Muslim, kamu wajib mencoba babi guling khas Bali ini. Babi yang digunakan biasanya adalah anak babi karena tekstur dagingnya yang lebih empuk. Sebelum dipanggang, perut babi diisi oleh bumbu dan daun singkong. Setelah itu babi ditusukkan ke tangkai panggangan yang bisa diputar-putar di atas api, jadi keseluruhan badan babi akan terbakar secara sempurna. Daging diguling-guling terus sampai warna kulit babi berubah menjadi cokelat. Bumbu yang meresap ke dalam daging serta kulit yang renyah membuat babi guling menjadi incaran para wisatawan yang berburu kuliner. Babi guling bisa ditemukan di semua daerah di Bali.

Lawar

Lawar adalah makanan khas Bali yang berupa campuran antara daging cincang (ada juga yang ditambah darah), sayuran rebus, dan parutan kelapa panggang. Sayuran yang direbus biasanya adalah nangka muda, daun jarak, kacang panjang, dan pepaya muda. Sedangkan daging yang biasa dipakai adalah daging babi, ayam, dan entok. Untuk kalian yang Muslim, tanyakan dulu pada penjualnya daging apa yang digunakan agar tidak salah makan. Lawar biasanya disajikan bersama sate lilit, ayam betutu yang sudah disuwir, dan ditaburi kacang tanah goreng.

Serombotan

Sekilas serombotan mirip dengan urap. Bedanya sayuran serombotan diberi dua macam bumbu yaitu bumbu Kalas dan sambal pedas. Sayuran yang dipakai untuk serombotan biasanya adalah kacang panjang, bayam, taoge, pare, terung bulat, dan kangkung. Bumbu Kalas adalah santan yang sudah dicampur dengan bumbu-bumbu dapur (kunyit, kencur, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar) yang sudah ditumbuk halus. Serombotan disajikan dengan serundeng (parutan kelapa) dan kacang tanah goreng.

Nasi Jinggo

Kalau di Jogja ada nasi kucing, maka di Bali ada nasi jinggo. Nasi jinggo porsinya sangat sedikit hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa. Lauk nasi jinggo biasanya berupa mi goreng, kering tempe, ayam suwir, dan serundeng. Harga nasi jinggo sangat ekonomis antara 3-5 ribu Rupiah. Nasi jinggo sangat cocok menjadi menu andalan bagi kamu yang pergi wisata Bali ala backpacker.

Nasi Tepeng

Nasi tepeng berupa nasi lembek seperti nasi tim yang disiram kuah bumbu basa genep atau bumbu khas Bali. Nasi kemudian diberi sayuran pelengkap seperti kacang panjang, daun kelor, taoge, nangka muda, terong, dan tak lupa serundeng. Bisa juga ditambahkan lauk seperti ayam suwir dan telur. Nasi tepeng disajikan di pincuk daun pisang. Nasi tepeng berasal dari Gianyar, Bali. Kalau pagi, kamu bisa mendapatkan nasi tepeng di hampir seluruh penjuru Gianyar karena memang nasi tepeng ini sarapan utama masyarakat di sana.

Tags: , , , , , , ,

About Us

Kami menawarkan paket wisata dan sewa mobil dengan harga terjangkau dan relatif murah untuk membantu memperlancar liburan anda. Jika diperlukan, kami siap membantu pula merekomendasikan tempat penginapan sesuai dengan budget Anda.

Hubungi Kami

Alamat Kantor

Head Office: Jl.Taman Griya Badung - Bali , Indonesia

Top